Mengodek, Mencari ….


 

The name "Muhammad" in traditional T...

Image via Wikipedia

 

Assalamualaikum,

Entah mengapa seharian aku hari, melayari internet dengan mencari hadis-hadis. Mungkin aku tertarik dengan sebuah laman blog yang menyingkap 19 Hadis Mengenai Wanit. Di dalam himpunan tersebut, menunjukkkan betapa besarnya pahala yang diperolehi oleh seorang wanita. Disebabkan itu aku asyik mengodek hadis-hadis yang boleh aku menjadikan rujukan untuk diriku dan ahli keluargaku. Aku kini seperti ingin menggali sedalam mungkin untuk aku mempelajari agama aku sendiri iaitu Islam.

Mungkin juga selama ini aku terlalu menganggapkan semua ini mudah, namun kini baharu aku sedar selama ini tanggapan aku begitu meleset. Setelah aku mendegar ceramah dari Ustaz Kazim Elias yang bertajuk “Lelaki Dayus” aku menjadi begitu takut dengan apa yang telah aku lalui. Begitu banyak yang aku telah lakukan, aku senantiasa berdoa semoga Allah mengampunkan degala dosa yang telah aku lakukan selama ini. Kini aku sedar untuk menjadi seorang ayah dan juga seorang suami mempunyai satu tanggung jawab yang begitu besar sekali.

Cuma kadang-kadang aku berasa sedih, benar kata pepatah lama “Melentur buluh biar dari rebungnya” …. Dan dari kata-kata ini aku akan cuba sedaya mampu untuk melentur semula rebung yang sudah kini akan menjadi buluh. Aku senantiasa berdoa agar aku diberi kekuatan dan kesabaran.

Berikut adalah beberapa hadis yang aku rasakan elok dikongsikan bersama:-

  1. Amal ibadat yang paling dicintai Allah:
    Diriwayatkan dari Aisyah ra : seseorang bertanya kepada Nabi Muhammad Saw, “apakah amal (ibadah) yang paling dicintai Allah?” Nabi Muhammad Saw bersabda,” amal (ibadah) yang dilakukan secara tetap meskipun sedikit”
  2. Bacaan Surah Sebelum Tidur:
    Diriwayatkan dari Aisyah : setiap kali Rasulullah Saw hendak tidur (malam hari) Nabi Saw menangkupkan kedua tangannya dan meniupnya setelah membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan Al Nas, lalu mengusapkannya ke seluruh bagian tubuhnya. dimulai dari kepala, wajah, dan bagian depan tubuhnya. Nabi Saw melakukannya tiga kali.
  3. Tulang dan Kotoran Haiwan Menjadi Makanan Jin:
    Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa suatu ketika Nabi Saw membawa sebelanga air untuk berwhudu dan berhajat. (ketika ia [Abu Hurairah] mengikutinya, Nabi Saw bersabda, “siapa ini?” ia berkata, “aku, Abu Hurairah”. Nabi Saw bersabda, “bawakan aku batu, jangan tulang atau kotoran hewan”. Abu Hurairah selanjutnya berkata; maka dengan ujung bajuku aku membawakan sejumlah batu dan setelah itu pergi menjauh. setelah selesai, aku berjalan bersamanya dan berkata, “mengapa (kau melarangku membawa) tulang atau kotoran binatang?” Nabi Saw bersabda, “itu makanan jin”.
  4. Ciri-ciri Nabi Muhammad s.a.w:
    (Diriwayatkan dari Rabi’ah bin Abd Al Rahman:) aku pernah mendengar Anas bin Malik mendeskripsikan Nabi Saw dengan berkata ; “tingginya sedang, tidak tinggi dan tidak pula pendek; kulitnya kemerahan, tidak putih benar dan tidak coklat benar; rambutnya tidak ikal dan tidak pula lurus. Wahyu Illahi (pertama kali) diturunkan ketika usianya mencapai empat puluh tahun. Ia tinggal di Makkah sepuluh tahun menerima wahyu, dan di Madinah lebih kurang selama sepuluh tahun. pada saat wafatnya, uban pada janggut dan rambut kepalanya yang mulia tidak lebih dari dua puluh helai.”
  5. Perihal Kebohongan Terburuk:
    Diriwayatkan dari Watsilah bin Al Asqa ; Rasulullah Saw pernah bersabda, “sungguh ! kebohongan yang terburuk adalah apabila seseorang mengaku anak dari seseorang yang bukan ayahnya sendiri, atau mengaku bermimpi tentang sesuatu padahal tidak, atau menisbahkan kepada Rasulullah apa yang tidak pernah ia katakan”.
  6. Larangan Bunuh Diri:
    Diriwayatkan dari Jundab bin Abdullah ra. : Rasulullah Saw pernah bersabda,”dari sebuah bangsa sebelum kalian ada seorang laki-laki yang terluka,dan tidak sabar dengan luka (yang dideritanya). lalu ia mengambil sebilah pisau dan mengiris tangannya sendiri. darah mengucur tanpa henti dan ia pun mati. Allah berkata,’hamba-Ku mendahului-Ku dengan membunuh dirinya sendiri, maka surga Kuharamkan baginya’ “.
  7. Mencuci Hidung Dalam Wudhu’:
    Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, “Seandainya salah seorang dari kalian bangun dari tidur dan berwudhu, ia harus mencuci hidungnya dengan memasukkan air ke dalam lubang hidungnya tiga kali. Karena setan tinggal di bagian dalam lubang hidungnya sepanjang malam”.
  8. Ketika Mendapat Mimpi Buruk:
    Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra. : “mimpi baik adalah dari Allah, sedangkan mimpi buruk adalah dari setan. Maka seandainya kalian mimpi buruk, meludahlah ke arah kiri dan berlindunglah kepada Allah, karena dengan demikian (mimpi buruk) itu tidak akan memerangkapnya.”
  9. Tentang Menguap:
    Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, “menguap adalah dari setan. Karena itu, apabila salah seorang dari kalian menguap, tutuplah serapat mungkin karena ketika salah seorang dari kalian berkata ‘huah’ (pada saat menguap), setan akan menertawakannya”.
  10. Keutamaan Datang Awal Solat Jumaat:
    Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, “pada setiap hari Jumat para malaikat berdiri di depan pintu masjid menuliskan nama-nama orang secara berurutan. Ketika Imam telah duduk (diatas mimbarnya) mereka menutup buku catatannya dan duduk mendengarkan khutbahnya”.
  11. Mautpun Disembelih:
    Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al Khudri ra. : 

    Rasulullah Saw pernah bersabda, “pada hari kiamat, maut akan dibawa maju ke depan dalam bentuk biri-biri jantan berwarna hitam dan putih. kemudian sang penyeru akan memanggil, ‘wahai para penghuni surga’. mereka akan memutar leher mereka dan melihat dengan hati-hati. yang memanggil akan berkata, ‘tahukah kalian apa ini?’ mereka berkata,’ya. Maut’. pada saat itu mereka semua dapat melihatnya.
    kemudian akan diumumkan kembali, ‘wahai para penghuni neraka!’. mereka akan memutar leher mereka dan melihat dengan hati-hati. yang memanggil akan berkata, ‘tahukah kalian apa ini?’ mereka akan berkata, ‘ya. Maut’. dan pada saat itu mereka dapat melihatnya.
    kemudian biri-biri jantan itu akan disembelih dan sang penyeru akan berkata, ‘wahai penghuni surga! keabadian (untuk kalian) dan tak ada kematian. wahai penghuni neraka! keabadian (untuk kalian) dan tak ada kematian'”.
    kemudian Nabi Saw membacakan ayat berikut : Berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, ketika segala perkara diputuskan. mereka dalam kelalaian dan mereka tidak pula beriman. (QS. Maryam [19]:39)

Semoga kita dapat syafaat dari hadis-hadis di atas. Insya Allah.

Sumber diperolehi dari: Hadis Shahih Al-Bukhari

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s