Ini nama-nama yang Tidak Boleh dalam Islam


image

Nama adalah bentuk lain dari doa. Saat kita memberi nama pada anak kita yang baru lahir ke dunia ini, kita pasti memilihkan nama dengan makna yang baik karena kita berharap ke depannya anak itu akan menjadi seseorang yang sesuai dengan namanya dan sesuai dengan harapan kita. Baik sifatnya, perangainya, gaya hidup hingga pemikiran dan keberhasilannya. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam mencari dan memberikan nama untuk anak kita. Ada beberapa nama yang bagus pengucapannya namun memiliki makna yang tidak bagus bahkan dilarang untuk digunakan.

Apalah arti sebuah nama. Istilah semacam itu tidak berlaku di agama islam karena sekali lagi, nama adalah doa dari orang tua untuk anaknya agar anak tersebut kelak menjadi orang yang dapat memenuhi harapan kedua orang tuanya. Terkadang tanpa sadar kita sebagai orang tua memberikan nama yang menurut kita lucu, bagus dan menarik didengar di telinga. Padahal ada beberapa nama yang tidak boleh digunakan karena artinya jelek sekali. Berikut nama-nama yang tidak boleh digunakan – namun justru banyak digunakan – dalam agama islam:

Qistina/Kistina – penghulu jinZaqwan/Zaquan – anak jinNajwa – bisikanHaikal/Haiqal – tengkorak ada sumber lain Haikal bhs islami itu artinya yg tinggi, bhs indonesia pengaruh dan kekuasaan , arab prancis artinya akar yg besar dan subur.Badrisha/Badlisha/Herisha Balqis – ketua jin

Jika sudah memberi anak-anak dengan nama tersebut alangkah baiknya apabila mengganti namanya. Namun apabila dengan mengganti nama akan sangat merepotkan karena sudah tercatat di akta, kartu keluarga hingga ktp dan ijasah, boleh tidak mengganti namanya tetapi dengan mengganti panggilannya saja. Meski sebenarnya segala sesuatu baik itu hal baik atau buruk semuanya berasal dari Allah SWT dan tidak ada kaitannya dengan nama. Akan tetapi sebagai pengingat saja kalau nama adalah doa, sehingga alangkah lebih baik jika nama yang kita berikan kepada anak kita adalah nama-nama yang baik dengan kandungan makna yang baik pula.

Berikut ada beberapa nama yang juga dilarang digunakan karena kandungan maknanya yang tidak baik, antara lain :

Abiqah – hamba yang lari dari tuannyaAznie – aku berzinaBahimah – binatangBatilah – yang batil, tidak benarDarakah – kedudukan yang rendahFajirah – jahat, yang bedosaGhaibah – hilangHaqidah – yang dengkiJariah – hamba suruhan perempuanKafirah – yang kafir, yang ingkarLainah – yang terkutukNariah – api, dll

Sebenarnya masih banyak nama-nama yang mengandung arti tidak bagus, namun saya hanya mencantumkan beberapa saja. Orang tua jaman sekarang pasti lebih pandai dan lebih teliti serta lebih bijak dalam mencari nama-nama untuk anaknya. Terlebih karena adanya kecanggihan internet yang bisa sewaktu-waktu digunakan untuk mencari nama serta arti nama yang akan mereka gunakan untuk anak-anak mereka. Sekali lagi yang perlu diingat bukanlah sebutan atau panggilan dari nama yang lucu, bagus dan unik saja, namun juga harus memperhatikan arti dari nama itu sendiri.

Sumber : http://9kontroversi.blogspot.com/2015/05/nama-nama-yang-dilarang-dalam-islam.html

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s